Materi Ajar

Kumpulan materi ajar TIK SMP kelas VII dan VIII

Nilai

Perkembangan nilai siswa mata pelajaran TIK kelas VII dan VIII

Latihan

Soal-soal latihan praktikum microsoft excel dan word
 

Pengenalan Software

Senin, 25 Februari 2013


Perangkat Lunak atau software adalah program komputer yang memungkinkan sebuah komputer dapat melakukan sebuah tugas tertentu. Software merupakan nyawa dari sebuah komputer.

 
Software dapat digolongkan menjadi dua.
  1. Perangkat lunak sistem komputer, yaitu perangkat lunak yang berfungsi agar komputer dapat berjalan dengan baik, termasuk di dalamnya adalah perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak utility.
  2. Perangkat lunak aplikasi, yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk membantu aplikasi kehidupan sehari-hari pengguna komputer.
          Perangkat lunak Aplikasi sendiri, ada beberapa jenis:
  • Perangkat lunak pengolah angka
    Adalah program yang difungsikan untuk mengolah angka, melakukan berbagai macam perhitungan matematika, statistik, dll. Contohnya : Lotus 123, Microsoft Excel, dan Quattro Pro.
  • Perangkat lunak pengolah kata
    Adalah program yang difungsikan untuk mengolah kata, melakukan berbagai kegitatan tulis-menulis. Contohnya : M.Word, Notepad, Wordstar, Wordpad, dll.
  • Perangkat lunak pengolah grafis
    Aplikasi ini membantumu dalam pengolahan gambar. Mulai dari melihat gambar, mengedit gambar, atau langsung menggambar dengan komputer. Contoh aplikasi pengolah grafis adalah Adobe Photoshop, Microsoft Paint, dan Corel Draw.
  • Perangkat lunak pengolah presentasi
    Program aplikasi ini berguna untuk membantu orang saat presentasi. Dalam program ini disediakan berbagai macam bentuk tampilan untuk presentasi. Salah satu contoh aplikasi ini adalah Microsoft Power Point.
  • Pengolah Data
    Aplikasi yang digunakan untuk mengolah data (database) dapat disusun, diorganisir, bahkan diolah untuk keperluan lebih lanjut. Program pengolah data sangat dibutuhkan dalam mengolah data yang banyak jumlahnya. Program-program tersebut diantaranya dBase, Visual Foxpro,
    Microsoft Access, SPSS, dan sebagainya.
  • Aplikasi Internet
    Merupakan program aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet. Contoh aplikasi ini adalah Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla
    Firefox, Opera, Nescape Navigator, Safari, dan berbagai macam lainnya.
  • Video Editing (Pengolah Video)
    Sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mengolah video. Contohnya Ulead Video Studio dan Pinneacle Studio.
  • Pengembang Program Komputer
    Aplikasi ini digunakan oleh para pengembang (Developer) untuk membuat dan atau mengembangkan suatu program aplikasi tertentu . Contohnya Microsoft Visual Basic dan Borland Delphi.
  • Pengembang Web
    Aplikasi ini digunakan oleh para pengembang (Developer) untuk membuat dan atau mengembangkan suatu website / program aplikasi berbasis web . Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver.

     

0 komentar:

Posting Komentar